Senin, 28 Juli 2008

Prof Dr Muhammad Sukry Salleh

Serbuan liberalisme membuat pola hidup semakin individualis

Alam semesta yang diciptakan Allah SWT cukup untuk memenuhi kebutuhan umat manusia. Tapi alam beserta isinya ini tidak cukup untuk memenuhi semua keinginan manusia. Ditambah lagi serbuan liberalisme membuat pola hidup semakin individualis, orang tamak semakin tidak mempedulikan sesama.

Prof Dr Muhammad Sukry Salleh, mengatakan hal itu dalam workshop Antarbangsa kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan Pusat Kajian Pengurusan Pembangunan Islam (ISDEV) dan Pusat Pengajian Sains Kemasyarakatan Universiti Sains Malaysia (USM), Senin (14/4).

Syukri menambahkan pembangunan berteraskan Islam penting disebarkan karena kondisi umat Islam saat ini yang banyak tertinggal. Alam dan semua isinya diciptakan Allah demi kepentingan umat manusia. Sayang karena kerakusan dan ketamakan manusia alam menjadi tak berdaya. Dalam workshop yang digelar di Gedung Pascasarjana UMSU, Jl. Gedung Arca, 53 Medan itu, Sukry menambahkan umat Islam yang sudah mampu hendaknya tidak lupa berbagi dengan saudaranya yang lain. "Karena rezeki yang kita punya itu sebenarnya sebagian milik orang lain," terangnya.

Ditambahkannya, ISDEV selaku pusat kajian Islam di kampus terus mengkampanyekan soal pembangunan berteraskan Islam ini. "Liberalisme yang datang membuat orang makin tamak dan tidak peduli dengan sesama," bebernya.

Sukry menyoroti merosotnya moral umat sehingga banyak yang berani korupsi. "Mereka menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan termasuk korupsi," bebernya. Makanya, kata Sukry, pihaknya terus mengkampanyekan kepada umat agar kembali kepada ajaran Rasullah jadi pedoman hidup umat Islam.

Koordinator Pelaksana Acara Wakil Rektor II UMSU, H Suhrawardi K Lubis, SH, SpN, MH, mengatakan, seminar ini merupakan kerjasama UMSU, ISDEV dan USM. Workshop dibuka Rektor UMSU H Bahdin Nur Tanjung SE, MM yang mengatakan kegiatan ini harus dilestarikan di atmosfir dan lingkungan kampus.

Pemakalah di antaranya, Dr Abdul Fatah Che Hemat (ISDEV), Ahmad Azrin Adnan (ISDEV), H Suhrawardi K Lubis, SH, SpN, MH (UMSU), Datuk Chairil Anwar, SE, MH (UMSU). Muhammad Arifin, SH, MHum (UMSU), Dr Surya Perdana, SH, MHum (Pascasarjana UMSU), workshop ini dikuti kalangan akdemisi dari UMSU, UPMI, UNIMED, ITM dan IAIN.

Saat pembukaan diwarnai pemberitahuan oleh Prof Dr Sukry Salleh terkait diterimanya tiga mahasiswa di antaranya Datuk Chairil Anwar Surbakti, Al Umri (UMSU) dan Ali Mukti (UPMI) diterima menjadi mahasiswa di USM. (m12) (zul)

Sumber:
Medan, WASPADA Online, Wednesday, 16 April 2008 00:15 WIB
http://www.waspada.co.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=16151